Pages

Kamis, 21 Mei 2009

MACAM - MACAM BENIH

  1. Benih Ilegitim, adalah benih yang tetuanya tidak diketahui dengan jelas sehingga benih tersebut sulit ditelusuri informasi genetiknya, dan sering kali disebut sebagai benih "sapuan". Maksudnya adalah benih tersebut seolah - olah didapat hanya dengan cara menyapu saja asal mendapatkan benih saja.
  2. Benih Legitim, adalah benih yang diketahui dengan jelas induk betina dan jantannya serta dihasilkan dari persilangan yang terkontrol.
  3. Benih Propellegitim, adalah benih yang diketahui dengan jelas induk betinanya. Benih ini terdiri atas :
  • Benih propellegitim biklonal, adalah benih yang dihasilkan dari persilangan dua klon yang diketahui dengan jelas tetapi persariannya terjadi secara alami (open pollination).
  • Benih propellegitim poliklonal, adalah benih yang dihasilkan dari persilangan dalam suatu populasi yang terdiri atas lebih dari 2 klon. Benih ini induk betina dan induk jantannya diketahui dengan jelas .
  • Benih propellegitim yang hanya diketahui induk betinanya saja.

sumber :


Mawardi, Surip dan Suhendi , Dedy. 2004. Dasar - Dasr Pemilihan Bahan Tanam Unggul Dalam Kaitannya dengan Manajemen Produksi dan Mutudalam Materi Kursus Budidaya dan pengolahan Hasil Tanaman Perkebunan. Jember : PUSLIT KOKA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar